Wednesday, March 4, 2009

LX570 Penerus Land Cruiser


Meski penampilan Lexus LX 570 sangat macho, tetapi mobil ini juga bisa menjadi operasional kantor, berpergian keluar kota bersama keluarga atau untuk keperluan apa saja. Bentuknya yang elegan membuat SUV ini digemari banyak kalangan.

Secara historis, Lexus LX 570 merupakan generasi penerus LX 470. Tampilan dan tenaga LX 570 jauh lebih garang ketimbang pendahulunya. Tak hanya itu, LX 570 juga dilengkapi suspensi electrohydraulic, memiliki power 381 hp - 113 hp sehingga tenaganya jauh lebih besar dari LX 470. Mesin maupun transmisi LX 570 dikendalikan oleh manajemen elektronik yang canggih. Semua ini disiapkan supaya mobil menjadi irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Toyota berharap LX baru ini bisa memenuhi standar emisi ULEV II (Ultra Low Emission Vehicle II).

Sempurna, mungkin itu predikat yang cocok disandang LX 570. Tidak seperti SUV lainnya yang tampil manis nan lembut, bentuk LX 570 cocok disebut mobil off road nan mewah seperti Range Rover.

Toyota melakukan lompatan teknologi suspensi LX. Four-Wheel Electro-Hydraulic Suspension dengan Active Height Control (AHC) dan Adaptive Variable Suspension bekerja lebih cekatan, lebih cepat dengan rentang penyesuaian lebih besar untuk mengakomodir aneka medan lintasan.

Sistem suspensi baru juga mengurangi resiko terguling hingga 30%. Juga mengontrol ketinggian pengendaraan lebih cepat. Sasis bisa turun 2 inch saat menaik-turunkan penumpang dan otomatis kembali ke tinggi normal saat bergerak. Jika berjalan di tol, suspensi bagian depan turun sekitar 1 inch dan belakang 0.5 inch untuk memperbaiki aerodinamika. Jika bergerak dengan low gear, sistem suspensi naik 3 inch. Naik-turunya sasis itu hasil kerja AHC.

LX 570 memiliki fitur Crawl Control yang kerjanya seperti Cruise control, tapi ini untuk kecepatan sangat rendah. Digunakan di lintasan yang sulit, Crawl Control menjaga mobil tetap merambat, sehingga pengemudi betul-betul konsentrasi pada kendali kemudi. Toyota juga membekali dengan multi-terain ABS yang didisain mengurangi jarak pengereman di permukaan licin seperti pasir atau gravel.

Panjang wheelbase LX 570 sama dengan pendahulunya, membantu mempertahankan kemampuan manuver. Namun panjang interior dan exterior meningkat sedikitnya 4 inch dan lebar hampir satu inch, menghasilkan ruang lebih mengundang dan lega. Kabinnya modern, civilized dan senyap. Dilengkapi serangkaian perangkat mewah seperti four-zone independent climate control plus sejumlah air vents, kursi baris kedua dilengkapi power-sliding, dan bantalan kursi bisa mengembang, khusus untuk kursi depan.

Fitur safety-nya impresif, ada 10 airbags, active front headrest, belt pretensioner untuk penumpang baris kedua dan direct tire pressure monitor system.

Fitur optional yang ditawarkan LX 570 adalah sistem audio Mark Levinson dengan 19 speaker plus hard drive yang bisa menyimpan 2000 lagu, rear set entertainment dengan layar monitor 9 inch, Pre-Collision System dengan Adaptive Cruise Control. Model ini dipasarkan mulai awal 2008.

Setiap generasi Lexus LX dibangun dan dikembangkan dari Toyota Land Cruiser. Melalui Lexus LX 570, Toyota memberi gambaran tentang Land Cruiser generasi terbaru.

No comments:

Post a Comment