Wednesday, March 4, 2009

Supersport Gallardo LP560-4


Akhir pekan lalu, pada ajang Geneva International Motor Show Lamborghini memperkenalkan versi terbarunya Gallardo LP560-4, Lamborghini mengklaim versi terbaru ini lebih ringan, lebih cepat, dan lebih ramah lingkungan.

Model terbaru Gallardo ini memiliki berat lebih ringan 20 kg dari versi sebelumnya. Dalam hal kecepatan mobil yang dibandrol US$200,000 ini mampu mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam tempo 3,7 detik.

Sedangkan kadar emisi telah mampu dipangkas sebanyak 18% dan efisiensi bahan bakar meningkat dari 5,9 km per liter menjadi 7,2 km per liter.

Pabrikan yang bermarkas di Sant'Agata Bolognese, Itali ini juga memiliki tujuan jangka panjang yaitu mampu mengurangi kadar emisi hingga 40%.

Chief executive Lamborghini, Stephan Winkelmann mengatakan pihaknya akan terus menyeimbangkan antara kecepatan kendaraan dengan kadar emisi yang dikeluarkannya.

"Sebuah mobil sekelas supersport dinilai dari daya akselerasi dan kecepatan terbaiknya. Jika anda ingin cepat pastinya akan mengkonsumsi banyak bahan bakar, emisi yang dikeluarkan juga banyak. Jadi agak sulit menemukan titik tengah untuk mengatasi solusi itu," jelasnya.

Gallardo terbaru ini walaupun diklaim ramah lingkungan, tapi kadar emisi yang dikeluarkan mobil cepat ini masih tergolong tinggi. Dengan kadar emisi sebesar 325 gram karbondioksida per kilometer, atau lebih besar jika dibandingkan dengan mobil biasa yang rata-rata mengeluarkan CO2 sebanyak 150-200 gram/km.

Nampaknya Lamborghini harus berpikir keras agar produknya dapat diterima masyarakat Eropa yang cenderung lebih ketat atas pembatasan kadar emisi kendaraan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2003, Gallardo telah terjual sebanyak 7.100 unit. Sementara new Gallardo akan dipasarkan mulai Juni tahun ini di Amerika dan Eropa.

Saat ini, Gallardo menjadi mobil termahal Lamborghini melebihi model Murcielago dengan perbandingan harga 3 berbanding 1.

Selama 2007, Lamborghini terjual sebanyak 2.400 unit di seluruh dunia, naik 100% dibanding 2006. Pada 2008 ini, Winkelmann memprediksikan penjualannya kembali tumbuh dengan angka yang sama.

Pasar Amerika dan Eropa, masing-masing menyumbang 40% penjualan keselurahan Lamborghini. Pada 2007, Penjualan di China tumbuh 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya menjadi 30 unit.

Winkelmann menargetkan angka pertumbuhan yang sama di China pada 2008 ini. "Sebenarnya banyak konsumen yang meminati produk kami, namun semuanya tergantung pada infrastruktur di masing-masing negara. Kenikmatan mengendarai kendaraan sport tidak akan terasa apabila jalannya tidak memadai," pungkas Winkelmann. [ST/O1]

No comments:

Post a Comment